Waduk Seloromo Gembong Pati

Posted on 27 Juni 2010 oleh

18


Waduk Seloromo merupakan satu dari dua waduk yang terletak di kecamatan Gembong, kabupaten Pati, Jawa Tengah. Satu waduk lainnya adalah waduk Gunung Rowo yang terletak di sebelah barat waduk Seloromo. Waduk Seloromo terletak di lereng gunung Muria sebelah timur.

Seorang nelayan menangkap ikan di waduk Seloromo

Waduk Seloromo yang terletak di tengah-tengah kota kecamatan Gembong ini dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1930-an ini masih berfungsi dengan baik. Waduk ini menjadi pengendali banjir dan sumber pengairan bagi lahan pertanian di kecamatan Gembong dan kecamatan-kecamatan sekitarnya seperti kecamatan Pati Kota, Wedarijaksa, Tlogowungu, dan Juwana.

Memandang tenangnya air waduk Seloromo berlatar birunya puncak gunung Muria

Pintu air di waduk Seloromo

Selain sebagai sumber pengairan lahan pertanian, waduk Seloromo juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya untuk membudidayakan ikan tawar.

Waduk seloromo juga menjadi salah satu alternatif tempat wisata bagi masyarakat Pati dan sekitarnya.  Letaknya yang berada di lereng sebelah timur gunung Muria memberikan suasana sejuk. Apalagi waduk yang terletak di desa Gembong dan Pohgading ini terletak di pusat kota kecamatan dengan akses jalan yang mudah terjangkau.

Sayangnya waduk Seloromo sebagai obyek wisata belum terkelola dengan maksimal

Iklan
Posted in: Alam, Wisata