Jalan Alternatif Pati Rembang Lewat Selatan

Posted on 10 September 2012 oleh

0


Jalan alternatif Pati Rembang lewat selatan ini adalah jalan alternatif dari Pati ke Rembang dengan melalui kecamatan Gabus, Winong, Jakenan, Jaken, hingga kembali ke jalan pantura di kecamatan Batangan.

Jalan alternatif dari Pati ke Rembang atau sebaliknya dengan melalui daerah Pati sebelah selatan ini bisa menjadi pilihan utama jika terjadi kemacetan di jalur pantura (pantai utara) di sekitar Juwana. Baik terjadi kemacetan di jalan pantura antara Rembang – Juwana ataupun antara Juwana – Pati.

Peta Jalur Alternatif Pati Rembang Selatan

Peta Jalur Alternatif Pati Rembang melalui Gabus, Winong, Jakenan, Jakenan, dan Batangan

Memanfaatkan jalur arternatif ini dari Pati dapat dimulai dari Kembang Joyo menuju ke Terminal Pati dengan melalui jalan Pemuda ataupun jalan Roromendut.

  1. Setelah sampai di Terminal Pati, ambil arah ke tenggara melalui jalan Gabus hingga sampai ke Pasar Gabus (pertigaan Gabus) dengan melewati Jembatan Ngantru yang membentang di atas Sungai Juwana dan SMPN 02 Gabus. Jaraknya sekitar 14,5 km.
  2. Dari pertigaan Gabus ambil arah ke timur (kiri) hingga mencapai pertigaan Winong (Pasar Winong) dengan jarak 10,5 km.
  3. Dari pertigaan Winong (Pasar Winong) ambil arah utara (kiri) menuju Jakenan. Setelah perjalanan sejauh 7 km sampailah di pertigaan (belokan) Glonggong, ambil arah kanan menuju Jakenan hingga perempatan Jakenan (Sleko Jakenan) sejauh 3,5 km. Dalam rute ini di antaranya akan melalui Pasar Hewan Winong, MTs. Taris Tambahmulyo, SMPN 02 Jakenan, dan SMAN Jakenan.
  4. Dari perempatan Sleko Jakenan ambil rute lurus ke timur menuju Jaken sejauh 10 km. Dalam rute ini diantaranya akan melalui Puskemas Jakenan, MA Bani Rusni Jakenan, kantor Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, SMPN 1 Jaken, Pasar Ngulakan Jaken, dan MTs NI Jaken.
  5. Sesampainya di pertigaan Jaken (pertigaan Srikaton) ambil arah ke utara (kiri) menuju Batangan sejauh 8 km hingga sampai di . Dalam rute ini diantaranya akan melalui Pasar Kuniran dan SMPN 01 Batangan Jalan Pantura di Batangan yang terletak 16 km di sebelah barat Rembang atau 7 km arah timur Juwana.

Jika kemacetan ternyata mencapai daerah pantura di kecamatan Batangan, Juwana atau kecamatan Kaliori, Rembang, rute alternatif ini dapat dimodifikasi kembali mulai dari pertigaan Jaken (pertigaan Srikaton) dengan mengambil arah kanan (selatan). Jalur alternatif lanjutan ini melalui pertigaan Sumber (kecamatan Sumber Rembang) yang tembus ke jalur pantura di timur Kaliori atau bisa juga tembus kecamatan Sulang (pertigaan Landoh) yang berada 8 km di selatan Rembang.

Jalan alternatif Pati Rembang melalui Selatan pati ini total jauhnya sekitar 47 km, lebih jauh dibandingkan jika melalui jalur normal yang hanya 21 km saja. Meskipun lebih jauh tetapi jalan yang dilalui relatif dalam kondisi bagus dan mulus dan telah terdapat rambu-rambu dan penunjuk arah di sepanjang jalur. Yang perlu diwaspadai adalah potensi kemacetan lokal pada di depan beberapa pasar seperti pasar Kuniran, pasar Ngulakan, Pasar Winong, dan pasar Gabus.

Posted in: Transportasi