Air Terjun Grenjengan Jolong

Posted on 29 April 2013 oleh

3


Jolong sebelumnya terkenal sebagai perkebunan kopi dan bumi perkemahan. Di wilayah yang berada di lereng lereng gunung Muria dan termasuk dalam wilayah administrasi kecamatan Gembong kabupaten Pati itu memang terdapat PT Perkebunan Nasional (PTPN IX) yang merupakan salah satu perkebunan dan pabrik pengolahan kopi yang sudah beroperasi sejak jaman penjajahan Belanda.

Namun di samping itu, Jolong ternyata mempunyai pesona wisata alam yang cukup menjanjikan. Salah satunya adalah air terjun Grenjengan.

Air Terjun Grenjengan Jolong

Air Terjun Grenjengan Jolong

Oleh karena itu, PTPN IX beberapa tahun terakhir mencoba mengemas wilayah Jolong termasuk air terjun Grenjengan dalam satu paket wisata, Agrowisata. Dalam paket wisata ini ditawarkan keindahan perbukitan Jolong dengan perkebunan kopinya, taman buah, pemancingan ikan, serta air terjun Grenjengan.

Inilah perjalanan menuju air terjung Grenjengan dalam video.

Untuk menuju air terjun Grenjengan, kita musti melalui jalan tanah berliku sejarak hampir satu kilometer dari pusat perkebunan PTPN IX. Di sepanjang perjalanan mata akan dimanja oleh pemandangan alam yang mempesona dengan hamparan puncak-puncak gunung Muria, terutama Puncak Argojembangan, yang tampak di depan. Sedangkan di sepanjang kiri jalan bisa kita nikmati alur sungai yang meliuk-liuk dengan air dan bebatuan di dalamnya. Di samping kanan jalan, tebing menjulang yang dipenuhi rimbunan pohon kopi.

Akhirnya sampailah di air terjun Grenjengan. Air terjun ini telah mengalami renovasi dan pembenahan sehingga menjadi bentuknya seperti sekarang. sebelumnya hanya merupakan air terjun kecil yang kurang terawat, namun oleh PTPN dan pengelola Agrowisata dibangun dan dibenahi sehingga layak menjadi salah satu kunjungan wisata.

Berikut video singkat kondisi air terjung Grenjengan Jolong.

Nah, yuk berlibur dan menyegarkan diri di agrowisata Jolong dan air terjun Grenjengan.